Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Teknologi

Banyak pendidik tahu manfaat pembelajaran berdiferensiasi, tetapi belum tahu implementasinya. Lalu, bagaimana caranya? Simaklah di kursus ini!

Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.

Last update: 2024
Bahasa: Indonesia


JP (Lesson Hours): 20

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, guru diharapkan mampu:

1. mengetahui konsep dasar mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kelas inklusif.
2. mengetahui bagaimana integrasi backward-design model dan pembelajaran berdiferensiasi.
3. mengetahui bagaimana mengembangkan keterampilan belajar yang efektif dalam pembelajaran berdiferensiasi.
4. mengetahui bagaimana merancang pembelajaran berdiferensiasi yang efektif dalam kelas inklusif.
5. mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Kursus ini terdiri dari:

Konten Kursus


M1.1 Pengenalan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kelas Inklusif

M1.2 Landasan Alkitabiah Bagi Pembelajaran Berdiferensiasi

M1.3 Tujuan Pembelajaran

M1.4 Pendidikan Inklusif: Perjalanan Sebuah Sekolah Kristen

M1.5 Forum Diskusi


M2.1 Integrasi Backward-design Model dan Pembelajaran Berdiferensiasi

M2.2 Bukti Pembelajaran dalam Kelas Inklusif

M2.3 Melakukan Penilaian dalam Konteks Pembelajaran Berdiferensiasi

M2.4 Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif

M2.5 Mengunggah Dokumen


M3.1 Pembelajaran Berdiferensiasi yang Efektif untuk Semua Murid

M3.2 Meningkatkan Kualitas Motivasi dan Perilaku Sosial Murid

M3.3 Meningkatkan Tingkat Perhatian dan Keterampilan Belajar Murid

M3.4 Pembelajaran Berdiferensiasi: Manfaat, Ciri, dan Contoh Penerapannya

M3.5 Refleksi


M4.1 Mempersiapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

M4.2 Membangun Rutinitas Kelas Penunjang Pembelajaran Berdiferensiasi

M4.3 Berkolaborasi Secara Efektif dalam Perancangan Pembelajaran Berdiferensiasi

M4.4 Pembelajaran Berdiferensiasi: Basis Penelitian

M4.5 Kuis


M5.1 Peran Guru dan Murid Pada Tiap Tahapan Diferensiasi Teknologi

M5.2 Mengidentifikasi Situasi dan Mengeksplorasi Kemungkinan Diferensiasi Teknologi

M5.3 Beragam Contoh Diferensiasi Teknologi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

M5.4 Meningkatkan Pembelajaran Melalui Diferensiasi Teknologi

M5.5 Kuis

Disarankan bagi:

Profil Fasilitator

Ryan Oktapratama, M. Pd.

Daftar kursus

Masukkan nama depan Anda. Contoh: John Wallace Doe = John Type your first name. Example: John Wallace Doe = John
Masukkan nama tengah dan belakang Anda. Contoh: John Wallace Doe = Wallace Doe Type your middle and last name. Example: John Wallace Doe = Wallace Doe
Masukkan alamat email dengan domain sekolah atau institusi tempat Anda bekerja jika ada. Jika tidak, masukkan alamat email pribadi. (Type your email address with the domain of the school or institution you are affiliated with if there is any. Otherwise, type your private email address.)
Masukkan nomor handphone Anda yang terkoneksi dengan Whatsapp. (Type your Whatsapp-connected mobile phone number.)
Jika mengajar lebih dari satu jenjang, pilih jenjang utama yang Anda ajar. (Choose the dominant level if you teach multiple levels.)
 *

Kunjungi Kami

Head Office & Studio
HaiGuru

Syarat Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami
Ikuti Kami
Copyright @2021, HaiGuru®