Meningkatkan Keterampilan Sosial Murid dengan Pembelajaran Kolaboratif

Inilah satu lagi manfaat dari pembelajaran kolaboratif! Bagaimana cara mengoptimalkannya? Pelajari di kursus ini!

Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.

Last update: 2024
Bahasa: Indonesia


JP (Lesson Hours): 19

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, guru diharapkan mampu:

1. mengetahui konsep dasar pembelajaran kolaboratif serta landasan Alkitabiah pembelajaran kolaboratif serta keterampilan sosial.
2. mengetahui dasar teori pembelajaran kolaboratif dan keterampilan sosial.
3. mengetahui beragam strategi instruksional yang dapat digunakan dalam pembelajaran kolaboratif.
4. mengetahui pelaksanaan asesmen dalam konteks pembelajaran kolaboratif dan keterampilan sosial.
5. mengetahui cara-cara praktis melibatkan teknologi dalam pembelajaran kolaboratif.

Kursus ini terdiri dari:

Konten Kursus


M1.1 Konsep Dasar Pembelajaran Kolaboratif

M1.2 Landasan Alkitabiah Pembelajaran Kolaboratif & Keterampilan Sosial

M1.3 Tujuan Pembelajaran

M1.4 Manfaat Pembelajaran Kolaboratif

M1.5 Forum Diskusi


M2.1 Dasar Teori Pembelajaran Kolaboratif

M2.2 Dasar Teori Keterampilan Sosial

M2.3 Bagaimana Pembelajaran Kolaboratif dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial

M2.4 Upaya Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Pelatihan Penerapan Teknik Pembelajaran Kolaboratif Bagi Para Guru SMPN 42 Semarang

M2.5 Mengunggah Dokumen


M3.1 Strategi Investigasi Kelompok

M3.2 Strategi Argumentasi Kolaboratif

M3.3 Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah

M3.4 Pembelajaran Kolaboratif dalam Sebuah Studi Alkitab

M3.5 Refleksi


M4.1 Asesmen dalam Pembelajaran Kolaboratif

M4.2 Asesmen Keterampilan Sosial

M4.3 Keterampilan-keterampilan Sosial yang Dapat Dikembangkan

M4.4 Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online

M4.5 Kuis


M5.1 Mendesain Pembelajaran Kolaboratif Melalui Bantuan Komputer

M5.2 Pembelajaran dan Menulis Kolaboratif dalam Lingkungan Digital

M5.3 Website dan Aplikasi yang Dapat Digunakan Secara Daring

M5.4 Interaksi dalam Pembelajaran Kolaboratif yang Didukung Komputer: Analisis Fase Implementasi

M5.5 Kuis

Disarankan bagi:

Profil Fasilitator

Ryan Oktapratama, M. Pd.

Daftar kursus

Masukkan nama depan Anda. Contoh: John Wallace Doe = John Type your first name. Example: John Wallace Doe = John
Masukkan nama tengah dan belakang Anda. Contoh: John Wallace Doe = Wallace Doe Type your middle and last name. Example: John Wallace Doe = Wallace Doe
Masukkan alamat email dengan domain sekolah atau institusi tempat Anda bekerja jika ada. Jika tidak, masukkan alamat email pribadi. (Type your email address with the domain of the school or institution you are affiliated with if there is any. Otherwise, type your private email address.)
Masukkan nomor handphone Anda yang terkoneksi dengan Whatsapp. (Type your Whatsapp-connected mobile phone number.)
Jika mengajar lebih dari satu jenjang, pilih jenjang utama yang Anda ajar. (Choose the dominant level if you teach multiple levels.)
 *

Kunjungi Kami

Head Office & Studio
HaiGuru

Syarat Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami
Ikuti Kami
Copyright @2021, HaiGuru®