Game dan Gamifikasi: Benarkah bisa meningkatkan hasil belajar murid?

Permainan seperti apa yang dapat meningkatkan hasil belajar murid? Bagaimana cara menggunakannya secara optimal? Temukan di kursus ini!

Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.

Last update: 2024
Bahasa: Indonesia


JP (Lesson Hours): 18

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, guru diharapkan mampu:

1. mengetahui perbedaan dari pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi..
2. mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi dapat meningkatkan hasil belajar murid.
3. mengetahui bagaimana penggunaan pembelajaran berbasis permainan di dalam konteks pendidikan.
4. mengetahui bagaimana implementasi gamifikasi dalam proses pembelajaran.
5. mengetahui contoh-contoh penerapan pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi di dalam kelas.

Kursus ini terdiri dari:

Konten Kursus


M1.1 Perbedaan Game-based Learning dan Gamifikasi

M1.2 Landasan Alkitabiah Bagi Game-based Learning dan Gamifikasi

M1.3 Tujuan Kursus

M1.4 Gamification and Game-Based Learning

M1.5 Forum Diskusi


M2.1 Keterlibatan dan Kegembiraan di dalam Permainan

M2.2 Meningkatkan Keterampilan Transversal dalam Game-based Learning

M2.3 Teori-teori Belajar yang Mendasari Gamifikasi dalam Pembelajaran dan Pendidikan

M2.4 Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar

M2.5 Mengunggah Dokumen


M3.1 Pengenalan Game-based Learning

M3.2 Mendesain dan Merancang Game-based Learning

M3.3 Aplikasi-aplikasi yang Dapat Digunakan dalam Game-based Learning

M3.4 Should a Christian Play Video Games?

M3.5 Refleksi


M4.1 Gamifikasi dalam Pembelajaran dan Pendidikan

M4.2 Strategi-strategi Menerapkan Gamifikasi dalam Pembelajaran

M4.3 Membuat Instruksi Pembelajaran dengan Gamifikasi

M4.4 Studi Literatur mengenai Gamifikasi untuk Menarik dan Memotivasi

M4.5 Kuis


M5.1 Kerangka Penerapan Game-based Learning dan Gamifikasi

M5.2 Contoh-contoh Penerapan Game-based Learning

M5.3 Contoh-contoh Penerapan Gamifikasi

M5.4 Kuis Akhir

Disarankan bagi:

Daftar kursus

Masukkan nama depan Anda. Contoh: John Wallace Doe = John Type your first name. Example: John Wallace Doe = John
Masukkan nama tengah dan belakang Anda. Contoh: John Wallace Doe = Wallace Doe Type your middle and last name. Example: John Wallace Doe = Wallace Doe
Masukkan alamat email dengan domain sekolah atau institusi tempat Anda bekerja jika ada. Jika tidak, masukkan alamat email pribadi. (Type your email address with the domain of the school or institution you are affiliated with if there is any. Otherwise, type your private email address.)
Masukkan nomor handphone Anda yang terkoneksi dengan Whatsapp. (Type your Whatsapp-connected mobile phone number.)
Jika mengajar lebih dari satu jenjang, pilih jenjang utama yang Anda ajar. (Choose the dominant level if you teach multiple levels.)
 *

Kunjungi Kami

Head Office & Studio
HaiGuru

Syarat Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami
Ikuti Kami
Copyright @2021, HaiGuru®