Banyak orang berpikir bahwa motivasi berhubungan dengan niat serta minat belajar murid. Tentu saja ini benar; motivasi mempengaruhi seberapa besar kegigihan peserta didik dalam belajar, terutama saat menghadapi tantangan. Walaupun begitu, apakah efek motivasi hanya terbatas pada kegigihan?
Ternyata, efek motivasi terhadap pembelajaran murid lebih besar dari yang terpikirkan oleh sebagian besar orang. Strategi pembelajaran yang digunakan murid juga terdampak oleh motivasi yang dimiliki oleh para peserta didik karena salah satu prediktor dari penggunaan strategi pembelajaran adalah motivasi (Hariri dkk., 2020). Oleh karena itu, murid yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung akan menggunakan strategi belajar saat menghadapi tantangan.
Tidak berhenti sampai pada penggunaan strategi belajar, motivasi juga berdampak pada pencapaian murid. Peserta didik yang memiliki motivasi dan menggunakan strategi belajar juga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi. Sebagai contoh, murid-murid yang memiliki motivasi dalam belajar penulisan dalam bahasa Inggris tidak hanya lebih banyak menggunakan strategi belajar, tetapi juga mendapat nilai lebih bagus (Nasihah & Cahyono, 2017).
Dampak-dampak ini mengingatkan kita, para pendidik, tentang betapa pentingnya motivasi dalam diri murid. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memastikan para murid memiliki motivasi belajar. Saat dibutuhkan, kita juga harus siap untuk memotivasi murid agar hasil belajar mereka optimal.
Banyak cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar para peserta didik yang dapat dilakukan di dalam kelas, seperti gamifikasi dan penggunaan materi belajar yang berkaitan dengan kehidupan murid. Namun, terkadang penting juga bagi guru untuk mengidentifikasi momen-momen di mana terjadi penurunan motivasi, yaitu demotivasi, yang bahkan lebih sulit diidentifikasi dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh sebagian dari kita sekarang. Lalu, bagaimana caranya seorang guru dapat mengidentifikasi demotivasi pada murid?
Penasaran dengan jawaban dari pertanyaan di atas? Ingin belajar cara-cara mengidentifikasi demotivasi dan bagaimana mengatasinya? Daftarkan diri Anda di kursus Cara Mendeteksi Demotivasi pada Murid dalam Pembelajaran Online dengan mengklik course card di bawah ini, dan mulailah belajar bersama HaiGuru!
Sumber:
Hariri, H., Karwan, D. H., Haenilah, E. Y., Rini, R., & Suparman, U. (2021). Motivation and learning strategies: Student Motivation Affects Student Learning Strategies. European Journal of Educational Research, volume–10–2021(volume–10–issue–1–january–2021), 39–49. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.39
Nasihah, M., & Cahyono, B. Y. (2017). Language learning strategies, motivation, and writing achievement of Indonesian EFL students. Arab World English Journal, 8(1), 250–263. https://doi.org/10.24093/awej/vol8no1.18