Play - Based Learning
Melalui kursus ini, Anda akan mempelajari tidak hanya mengenai konsep pembelajaran berbasis permainan, tetapi juga bagaimana Anda, sebagai guru TK, dapat membangun lingkungan yang kondusif untuk melaksanakan pendekatan pembelajaran ini serta membuat desain pembelajaran. Anda juga akan mempelajari bagaimana melakukan diferensiasi dalam play-based learning serta asesmen yang tepat.
Instructor:
1. Lulu Brata
2. Gabie Alvina
3. Meitha Marcelia
4. Pawestri Sukmajati
5. Vallery Sumardy
Last Update: 6 Desember 2024
Bahasa: Indonesia
JP (Lesson Hours): 33
Tujuan Pembelajaran
1. memahami konsep-konsep dasar play-based learning serta signifikansinya dalam pendidikan Kristen
2. mengerti pendekatan pengajaran untuk implementasi play-based learning
3. mengerti prinsip-prinsip membangun lingkungan belajar untuk implementasi play-based learning
4. mengerti prinsip dan melakukan asesmen usia dini dalam play-based learning
Kursus Ini Terdiri Dari
- 12 Video pembelajaran
- 19 Materi bacaan
- 11 Tugas
- 3 Kuis
- Sertifikat kursus
Konten Kursus
Modul 1: Pengenalan Konsep Play-based Learning
M1.1 Konsep Belajar Melalui Bermain
M1.2 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
M1.3 Prinsip-prinsip Penting dalam Play Based Learning
Modul 2: Konsep Play-based Learning dan Pendidikan Kristen
M2.1 Pentingnya Pendidikan Kristen
M2.2 Anak dalam Cara Pandang Allah
M2.3 Biblical Integration in Play-based Pedagogy
M2.4 Daftar Pustaka Modul 2
Modul 3: Metode Belajar Play-based Learning
M3.1 Karakteristik Bermain dan Implikasinya dalam Instruksi Kelas
M3.2 Rutinitas, Prosedur dan Management Kelas
M3.3 Merancangkan kegiatan Pembelajaran
Modul 4: Lingkungan Belajar Play-based Learning
M4.1 Jenis-jenis Area dan Merancang Daftar Area-area untuk Pembelajaran Berbasis Bermain
M4.2 Pengelolaan Kelas dan Tata Letak untuk Pembelajaran Berbasis Bermain
M4.3 STEAM/STEM dalam Pembelajaran Berbasis Bermain
Modul 5: Asesmen dalam Play-based Learning
M5.1. Apa itu asesmen early childhood?
M5.2. Bagaimana melakukan asesmen early childhood?
M5.3. Tindak Lanjut dari Asesmen Early Childhood
Disarankan Bagi
- Guru jenjang TK