Meningkatkan Keterampilan Sosial Murid dengan Pembelajaran Kolaboratif
Inilah satu lagi manfaat dari pembelajaran kolaboratif! Bagaimana cara mengoptimalkannya? Pelajari di kursus ini!
Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.
Last update: 2024
Bahasa: Indonesia
JP (Lesson Hours): 19
Tujuan Pembelajaran
1. Mengetahui konsep dasar pembelajaran kolaboratif serta landasan Alkitabiah pembelajaran kolaboratif serta keterampilan sosial.
2. Mengetahui dasar teori pembelajaran kolaboratif dan keterampilan sosial.
3. Mengetahui beragam strategi instruksional yang dapat digunakan dalam pembelajaran kolaboratif.
4. Mengetahui pelaksanaan asesmen dalam konteks pembelajaran kolaboratif dan keterampilan sosial.
5. Mengetahui cara-cara praktis melibatkan teknologi dalam pembelajaran kolaboratif.
Kursus Ini Terdiri Dari
- 15 Video pembelajaran
- 4 Materi bacaan
- 3 Tugas
- 2 Kuis
- Sertifikat kursus
Konten Kursus
Modul 1: Pengenalan Kursus
M1.1. Konsep Dasar Pembelajaran Kolaboratif
M1.2. Landasan Alkitabiah Pembelajaran Kolaboratif & Keterampilan Sosial
M1.3. Tujuan Pembelajaran
M1.4. Manfaat Pembelajaran Kolaboratif
M1.5. Forum Diskusi
Modul 2: Dasar Teori Pembelajaran Kolaboratif & Keterampilan Sosial
M2.1. Dasar Teori Pembelajaran Kolaboratif
M2.2. Dasar Teori Keterampilan Sosial
M2.3. Bagaimana Pembelajaran Kolaboratif dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial
M2.4. Upaya Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Pelatihan Penerapan Teknik Pembelajaran Kolaboratif Bagi Para Guru SMPN 42 Semarang
M2.5. Mengunggah Dokumen
Modul 3: Strategi Instruksional dalam Pembelajaran Kolaboratif
M3.1. Strategi Investigasi Kelompok
M3.2. Strategi Argumentasi Kolaboratif
M3.3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
M3.4. Pembelajaran Kolaboratif dalam Sebuah Studi Alkitab
M3.5. Refleksi
Modul 4: Pelaksanaan Asesmen dalam Pembelajaran Kolaboratif dan Keterampilan Sosial
M4.1. Asesmen dalam Pembelajaran Kolaboratif
M4.2. Asesmen Keterampilan Sosial
M4.3. Keterampilan-keterampilan Sosial yang Dapat Dikembangkan
M4.4. Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online
M4.5. Kuis
Modul 5: Melibatkan Teknologi dalam Pembelajaran Kolaboratif
M5.1. Mendesain Pembelajaran Kolaboratif Melalui Bantuan Komputer
M5.2. Pembelajaran dan Menulis Kolaboratif dalam Lingkungan Digital
M5.3. Website dan Aplikasi yang Dapat Digunakan Secara Daring
M5.4. Interaksi dalam Pembelajaran Kolaboratif yang Didukung Komputer: Analisis Fase Implementasi
M5.5. Kuis
Disarankan Bagi
- Guru wali kelas tanpa batasan jenjang
- Guru bidang studi tanpa batasan jenjang
Profil Fasilitator
Ryan Oktapratama, M. Pd.

- Pendidikan terakhir pascasarjana Teknologi Pendidikan - Kepemimpinan
- Pengalaman mengajar lebih dari 7 tahun & 3 tahun sebagai lead teacher
- Konten kreator edukasional