Game dan Gamifikasi: Benarkah bisa meningkatkan hasil belajar murid?
Permainan seperti apa yang dapat meningkatkan hasil belajar murid? Bagaimana cara menggunakannya secara optimal? Temukan di kursus ini!
Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.
Last update: 2024
Bahasa: Indonesia
JP (Lesson Hours): 18
Tujuan Pembelajaran
- Mengetahui perbedaan dari pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi.
- Mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi dapat meningkatkan hasil belajar murid.
- Mengetahui bagaimana penggunaan pembelajaran berbasis permainan di dalam konteks pendidikan.
- Mengetahui bagaimana implementasi gamifikasi dalam proses pembelajaran.
- Mengetahui contoh-contoh penerapan pembelajaran berbasis permainan dan gamifikasi di dalam kelas.
Kursus Ini Terdiri Dari
- 15 Video pembelajaran
- 4 Materi bacaan
- 3 Tugas
- 2 Kuis
- Sertifikat kursus
Konten Kursus
Modul 1: Pengenalan Kursus
M1.1. Perbedaan Game-based Learning dan Gamifikasi
M1.2. Landasan Alkitabiah Bagi Game-based Learning dan Gamifikasi
M1.3. Tujuan Kursus
M1.4. Gamification and Game-Based Learning
M1.5. Forum Diskusi
Modul 2: Meningkatkan Hasil Belajar Murid
M2.1. Keterlibatan dan Kegembiraan di dalam Permainan
M2.2. Meningkatkan Keterampilan Transversal dalam Game-bsed Learning
M2.3. Teori-teori Belajar yang Mendasari Gamifikasi dalam Pembelajaran dan Pendidikan
M2.4. Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar
M2.5. Mengunggah Dokumen
Modul 3: Penggunaan Game-based Learning dalam Pendidikan
M3.1. Pengenalan Game-Based Learning
M3.2. Mendesain dan Merancang Game-based Learning
M3.3. Aplikasi-aplikasi yang Dapat Digunakan dalam Game-based Learning
M3.4. Should a christian Play Video Games?
M3.5. Refleksi
Modul 4: Implementasi Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran
M4.1. Gamifikasi dalam Pembelajaran dan Pendidikan
M4.2. Strategi-strategi Menerapkan Gamifikasi dalam Pembelajaran
M4.3. Membuat Instruksi Pembelajaran dengan Gamifikasi
M4.4. Studi Literatur mengenai Gamifikasi untuk Menarik dan Memotivasi
M4.5. Kuis
Modul 5: Contoh-contoh Penerapan Game-based Learning & Gamification
M5.1. Kerangka Penerapan Game-based Learning dan Gamifikasi
M5.2. Contoh-contoh Penerapan Game-based Learning
M5.3. Contoh-contoh Penerapan Gamifikasi
M5.4. Kuis Akhir
Disarankan Bagi
- Guru wali kelas tanpa batasan jenjang
- Guru bidang studi tanpa batasan jenjang