Strategi Transformatif:
Pembelajaran Berbasis Konsep
Transformasi kegiatan belajar mengajar di kelas Anda dengan strategi-strategi pembelajaran berbasis konsep!
Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.
Last update: 2023
Bahasa: Indonesia
JP (Lesson Hours): 19
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, guru diharapkan mampu:
- Memahami gambaran umum mengenai pembelajaran berbasis konsep.
- Memahami bagaimana merancang kurikulum kelas menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis konsep.
- Memahami beragam kerangka pembelajaran relevan lainnya yang membantu dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis konsep.
- Memahami proses penilaian dan pemberian umpan balik terkait pemahaman konseptual murid.
- Memahami beragam kebutuhan murid dalam kelas dengan pembelajaran berbasis konsep.
Kursus Ini Terdiri Dari
- 15 Video pembelajaran
- 5 Materi bacaan
- 3 Tugas
- 2 Kuis
- Sertifikat kursus
Konten Kursus
Modul 1: Mengapa Penting Bagi Murid Untuk Belajar Secara Konseptual
M1.1. Mengapa Penting Bagi Murid untuk Belajar Secara Konseptual
M1.2. Landasan Alkitabiah dari Pembelajaran Berbasis Konsep
M1.3. Tujuan Pembelajaran
M1.4. Sejauh Mana Praktek Berbasis Konsep Saya Saat Ini?
M1.5. Forum Diskusi
Modul 2: Merancang Kurikulum Kelas Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Konsep
M2.1. Langkah 1-3 Desain Pembelajaran Berbasis Konsep
M2.2. Langkah 4-7 Desain Pembelajaran Berbasis Konsep
M2.3. Langkah 8-11 Desain Pembelajaran Berbasis Konsep
M2.4. Concept-based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
M2.5. Mengunggah Dokumen
Modul 3: Beragam Kerangka Pembelajaran Relevan Lainnya yang Membantu
M3.1. Kerangka Pembelajaran: Membuat dan Menguji Hipotesis
M3.2. Kerangka Pembelajaran: Model Workshop untuk Proses-proses Kompleks & Pembelajaran yang Dipersonalisasi
M3.3. Kerangka Pembelajaran: Pembelajaran Berbasis Proyek
M3.4. Strategi Apa yang Dapat Anda Gunakan untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Konsep?
M3.5. Refleksi
Modul 4: Menilai dan memberikan Umpan Balik Terkait Pemahaman Konseptual
M4.1. Berbagai Prinsip Pembuatan Asesmen dalam Pembelajaran Berbasis Konsep
M4.2. Mendesain Asesmen Sumatif dan Formatif dalam Pembelajaran Berbasis Konsep
M4.3. Memberikan Umpan Balik Efektif dalam Asesmen Pembelajaran Berbasis Konsep
M4.4. Menilai Pemahaman Murid: Gagasan Kurikulum Berbasis Konsep
M4.5. Kuis
Modul 5: Memenuhi Beragam Kebutuhan Murid dalam Kelas dengan Pembelajaran Berbasis Konsep
M5.1. Memahami Pentingnya Ekspektasi dan Relasi Guru-Murid
M5.2. Mewujudkan dan Mengelola Kelas dengan Diferensiasi
M5.3. Memanfaatkan Teknologi untuk Mewujudkan Kelas Inklusif
M5.4. Bagaimana Teknologi Dapat Mendukung Kelas Berbasis Konsep Anda?
M5.5. Kuis
Disarankan Bagi
- Guru wali kelas tanpa batasan jenjang
- Guru bidang studi tanpa batasan jenjang