Implementasi Taksonomi Bloom dalam Pengajaran dan Asesmen
Pelajarilah cara-cara meningkatkan kualitas pengajaran dan asesmen melalui implementasi Taksonomi Bloom!
Instruktur: Ryan Oktapratama, M. Pd.
Last update: 2023
Bahasa: Indonesia
JP (Lesson Hours): 22
Tujuan Pembelajaran
- Mengetahui mengapa taksonomi dibutuhkan, serta kaitannya dengan tujuan pembelajaran dan pengembangan kurikulum.
- Mengetahui dimens-dimensi pengetahuan yang berhubungan dengan taksonomi tujuan pembelajaran.
- Mengetahui keterampilan-keterampilan berpikir tingkat rendah serta penerapannya dalam strategi pembelajaran dan asesmen.
- Mengetahui keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi serta penerapannya dalam strategi pembelajaran dan asesmen.
- Mengetahui bagaimana menggunakan taksonomi tujuan pembelajaran dalam konteks kelas kecil dan kelas besar.
Kursus Ini Terdiri Dari
- 15 Video pembelajaran
- 5 Materi bacaan
- 3 Tugas
- 2 Kuis
- Sertifikat kursus
Konten Kursus
Modul 1: Taksonomi Tujuan Pembelajaran
M1.1. Kebutuhan akan Taksonomi
M1.2. Tujuan Pembelajaran & Pengembangan Kurikulum
M1.3. Tujuan Pembelajaran
M1.4. Using Bloom’s Taxonomy to Write Effective Learning Outcomes
M1.5. Forum Diskusi
Modul 2: Dimensi Pengetahuan
M2.1. Pengetahuan Faktual & Konseptual
M2.2. Pengetahuan Prosedural
M2.3. Pengetahuan Metakognitif
M2.4. Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Krathwohl
M2.5. Mengunggah Dokumen
Modul 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Bawah
M3.1. Keterampilan Berpikir Mengingat (Remember)
M3.2. Keterampilan Berpikir Memahami (Understand)
M3.3. Keterampilan Berpikir Menerapkan (Apply)
M3.4. Mengenal Teknik Belajar Lower Order Thinking Skills (LOTS)
M3.5. Refleksi
Modul 4: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
M4.1. Keterampilan Berpikir Menganalisis (Analyze)
M4.2. Keterampilan Berpikir Mengevaluasi (Evaluate)
M4.3. Keterampilan Berpikir Membuat (Create)
M4.4. Implementing the Problem-Based Learning in Order to Imrprove the Students’ HOTS and Characters
M4.5. Kuis
Modul 5: Penggunaan Taksonomi Tujuan Pembelajaran
M5.1. Tabel Taksonomi
M5.2. Contoh Penerapan di Kelas Kecil
M5.3. Contoh Penerapan di Kelas Besar
M5.4. Bloom’s Taxonomy: What is it and How Can you Apply it in your Classroom?
M5.5. Kuis
Disarankan Bagi
- Guru wali kelas tanpa batasan jenjang
- Guru bidang studi tanpa batasan jenjang